Kadis Dikbud Kota Bima Buka Kegiatan PKK LKP Mantika NA Santi

Iklan Semua Halaman

.

Kadis Dikbud Kota Bima Buka Kegiatan PKK LKP Mantika NA Santi

Senin, 26 November 2018
Kota Bima, Fajàr Media Bima.com- Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Mantika Kota Bima, senin 26-11-2018 Buka Kegiatan Kursus dan Pelatihan Menjahit bagi 20 orang  Warga Belajar (WB),  Kegiatan Kursus dan Pelatihan tersebut bersumber dari anggaran Program Pendidikan Kerja (PKK) tahun 2018 senilai 34.000.000,- (Tiga puluh empat juta rupiah), Kegiatan dilaksanakan oleh LKP Mantika disekretariatan dilingkungan Santi Kelurahan Santi Kecamatan Mpunda Kota Bima.

Pembukaan langsung di Ikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima, Drs. H. Alwi Yasin, MAP, Kepala Seksi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dasar (Dikdas), Hanafi. S.Pd, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan Non Formal (PNF) Gufran S.Pd. MSi.
Ketua Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Mantika NA, Nariman, S.Pd.


Ketua Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Mantika NA, Nariman, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan, Ucapan terima kasih kepada semua pihak lebih khusus pada Dinas Dikbud Kota Bima, yang telah mempercayakan pada lembaga ini untuk mejalankan sebuah program, dan insya allah program yang diamanatkan kepada lembaganya akan dia laksanakan sebaik-baiknya, “kami akan laksanakan kegiatan kursus dan pelatihan menjahit ini selama 200 jam, dan dalam sehari kami laksanakan 4 jam, yang kami mulai dari pukul 14:00 sampai pukul 18:00 setiap hari dan insya allah kami akan laksanakan dengan sebaik-baiknya,”ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima, Drs. H. Alwi Yasin, MAP dalam arahan menyampaikan, Satu hal penting yang harus dipahami dalam program life skill adalah kecakapan hidup, jadi orang kerja untuk hidup, tetapi orang bekerja harus memiliki keterampilan, apakah keteranpilan memasak, menjahit atau keterampilan tukang, jadi hari ini kita memulai keterampilan menjahit, didalam program PKK warga belajar tidak diberi modal dan transportasi, karena ini murni ada orang yang belajar, “kata Kadis
Lanjut Kadis, “Kita harus menjual diri dalam artian menjual keterampilan, karena kemampuan diri adalah modal utama dalam berketerampilan untuk mrlaksanakan sesuatu apapun yang kita lakukan,”ucapnya.

Kasi Sarana dan Prasarana Bidang PNF Kota Bima, Gufran, S.Pd, MSi dalam pematerinya memberikan pemahaman dalam menjalankan manajemen usaha dan bisnis, dikatakanya,”pengertian manajemen usaha dan bisnis adalah pengertian menciptakan usaha baru atau yang berbeda dengan menggunakan korelasi modal dan tenaga serta resiko yang mungkin akan terjadi dengantujuan untuk menciptakan sesuatu kepuasan keuntungan serta kebebasan pribadi.

Kata dia,”kita sering membahas tentang manajemen, karena manajemen adalah merupakan semua aktifitas manusia dalam sebuah organisasi dengan menggunakan sumberdaya serta sfasilitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu, dalam manajemen kewirausahaan  menyangkut semua dalam perusahaan untuk menjadi seorang wirausaha harus memiliki empat kompetensi, pertama terfokus pada dasar terbukanya tekhnologi, kedua buat rencana pendanaan, ketiga bangun tim manajemen, keempat beri peran tertentu bagi pihak yang ikut mendirikan usaha (co-founder),”tutupnya.

Pemateri selajutnya, H. Syahruman, S.Pd, MSi, menyampaikan materi Kepribadian, dikatakannya kepribadian sesungguhnya adalah kepribadian yang utuh, apa kepribadian yang utuh itu,,? dijelaskanya kepribadian yang utuh itu adalah kepribadian yang memiliki tiga hal yaitu, keperibadian sehat jasmani, sehat rohani serta sosial, jadi kepribadian yang utuh adalah berupa tingkah laku yang dilakukan oleh seseorang dalam menyikapi serta menyampaikan sesuatu, karena pribadi itu munculnya dari diri pribadi kita bukan dari orang lain,”tutur dia.(TIM)