Diskominfostik, pemahaman mengenai keamanan informasi itu Penting

Iklan Semua Halaman

.

Diskominfostik, pemahaman mengenai keamanan informasi itu Penting

Rabu, 07 November 2018


Kota Bima, Fajar Media Bima,-Pemerintah Daerah Kota Bima melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (DisKominfosrik) Kota Bima gelar Sosialisasi Keamanan Informasi dan Pemanfaatan Layanan Persandian bagi jajaran pengelola informasi daerah.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Walikota Bima, Rabu (7/11/2018). Acara tersebut dibuka langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Bima dan diikuti oleh 100 orang peserta terdiri atas utusan pemerintah daerah se-Pulau Sumbawa.

Sementara Narasumber berasal dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Aris Munandar dan Kepala Bidang Persandian dan LPSE Diskominfotik Provinsi NTB Mahmud, A. KS, M.Si.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Kominfo Kota Bima Ir. Supawarman, sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang kerahasiaan, keutuhan dan autentiknya suatu informasi.

"Hal ini justru untuk meningkatkan kesadaran pengamanan informasi demi membangun kesamaan pemahaman tentang security awareness dalam penyelenggaraan pengamanan informasi melalui persandian," ujarnya

Asisten I Bidang Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Bima Drs. H. M. Farid, M.Si menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada Badan Siber dan Sandi Nasional dan Dinas Kominfotik Provinsi NTB yang berkunjung ke Kota Bima sekaligus memberikan pemahaman mengenai keamanan informasi kepada jajaran pengelola informasi daerah se-Pulau Sumbawa.

"Pemahaman tentang keamanan informasi sangat penting untuk menyamakan persepsi di lingkup OPD pemerintah daerah," ungkapnya

Dikatakannya, peran persandian tidak hanya menyangkut kerahasiaan saja, tetapi persandian mempunyai peran dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan informasi daerah.

“Mengingat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, maka peran persandian sangat penting dalam peningkatan kualitas layanan terhadap pengamanan informasi, terutama memfilter seluruh informasi Pemerintah Daerah, baik informasi yang masuk maupun keluar agar tercapai tata kelola pemerintahan yang baik," ujar Asisten I.

Ke depan, diharapkannya persandian ini dilengkapi dengan peralatan pendukung, sehingga pelayanan keamanan informasi menjadi lebih baik.(F1.H)