H.Furqan : AKMI Adalah Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya, Termasuk Survei Karakter Pada Siswa Madrasah

Iklan Semua Halaman

.

H.Furqan : AKMI Adalah Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya, Termasuk Survei Karakter Pada Siswa Madrasah

Minggu, 25 September 2022

Drs.H.Furqan, 
Seksi Pendidikan Madrasah. 


Kota Bima, Fajar Media Bima. Com, - Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. 


Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.


Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKMI mengukur tingkat literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya siswa, Program keunggulan siswa kelas 8 MTs,”


Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia di MTsN 1 Kota Bima ditinjau langsung oleh Kasi Pendidikan Madrasah Drs. H. Furqan beserta beberapa tim dari Staf Seksi Pendidikan Madrasah, dimana pelaksanaan AKMI hari pertama ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 September 2022 dan di hari kedua pada hari Selasa 26 September 2022, dimana Jumlah Peserta sebanyak 421 orang, terbagi dalam 2 sesi dengan jumlah ruang sebanyak 8 ruangan dilakukan secara online dalam bentuk Computer Based Test (CBT).. 


Lebih lanjut Kasi  Pendidikan Madrasah Drs. H. Furqan mengatakan siswa atau peserta didik yang mengikuti asesmen ini yaitu peserta didik yang terdaftar dalam EMIS dan memiliki Nomor induk Sekolah Nasional (NISN) yang valid dan peserta masih aktif belajar pada satuan Pendidikan. 


Pelaksanaan AKMI ini menjadi sebuah motivasi dan usaha bagi para peserta didik agar lebih giat lagi dalam belajar,  dan menjadi dorongan bagi para pendidik dalam melakukan pengajaran bagi peserta didik.


“Saya berharap pelaksanaan AKMI ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses dan berharap agar peserta didik dapat mengikuti dengan baik dan sukses hingga tahap akhir”,  tuturnya.


Sementara itu, Kepala MTsN 1 Kota Bima di wakilkan oleh Pelaksana Harian Bapak Taufik,S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Tim Monev AKMI Kemenag Kota Bima semoga pelaksanaan ANBK ini dapat berjalan dengan baik tanpa kendala, juga menjadi motivasi bagi peseta didik lainnya dan para pendidik, Harapnya.


“semoga pelaksanaan AKMI tidak mengalami kendala server bisa terjangkau dan peserta AKMI bisa mengerjakan soal-soal dengan baik,” pungkasnya. (RED)