Wakil Bupati Bima : Pentingnya Orang Tua Tanamkan Pendidikan Karakter Ke Anak Sejak Dini

Iklan Semua Halaman

.

Wakil Bupati Bima : Pentingnya Orang Tua Tanamkan Pendidikan Karakter Ke Anak Sejak Dini

Rabu, 13 April 2022
Wakil Bupati Bima, Drs.H.Dahlan M.Noer,
Saat Menyampaikan Sambutan Tentang Pendidikan Karakter Anak

Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.com,- Wakil Bupati Bima H. Dahlan M. Noer, M. Pd, mengimbau orang tua tanamkan pendidikan karakter ke anak sejak dini. Mengigat, maraknya tindakan kriminal (pemanahan) dilakukan oleh anak dibawah umur atau masih usia pelajar diproses APH. 

"Pelaku pemanah yang diamankan oleh APH di Bima ini, rata-rata usia pelajar atau dibawah umur, artinya peran orang tua masih kurang kontrol aktivitas anak-anak," kata Babe panggilan akrab Wabup Bima, Rabu, (13/4/2022). 

Menurutnya, aktifitas anak usia pelajar belakangan ini serasa tidak ada orang tua yang kontrol, mereka bebas keluar rumah hingga larut malam dan bergaul dengan siapa saja. 

"Saat pelaku kriminal (anak usia pelajar) diamankan polisi, orang tua kadang kaget dan histeris bahkan rentang salahkan orang lain, ini terjadi, karena tidak ditanamkan karakter terhadap anak," katanya

Padahal, kata Wabup, terbentuknya karakter dalam diri seorang anak tidak hanya dari guru tetapi juga didikan dari orang tua di rumah. Oleh karena itu, sangatlah penting kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua untuk membentuk karakter anak didik.

"Kolaborasi guru dan orang tua dalam membentuk karakter anak itu sangat penting. Karena guru dan orang tua sama-sama bertanggung jawab untuk mendidik anak," ujarnya.

Orang tua bertanggung jawab mendidik anak-anaknya di rumah, sedangkan guru bertanggung jawab untuk mendidik di sekolah. (RED)