BWS Melalui PPK OPSDA 4 Bima, Lagi Fokus Pengamanan Bantuan Bencana

Iklan Semua Halaman

.

BWS Melalui PPK OPSDA 4 Bima, Lagi Fokus Pengamanan Bantuan Bencana

Selasa, 25 Januari 2022

Syamsudin,
Kepala Balai Wilayah Sungai, (BWS) PPK OPSDA 4 dan Bidan Pemeliharaan.

Kota Bima, Fajar Media Bima.Com,- Program Pemerintah Pusat dalam membangun Infrastruktur Jalan, Jembatan, Bendungan, dan irigasi di tiap - tiap Daerah dalam menghadapi musim hujan tetap ada kerusakan dan memikirkan untuk pemeliharaan. Di NTB, banyaj jumlah Titik - titik sesuai dasar permintaan pemerintah daerah.


Balai Wilayah Sungai, (BWS) PPK OPSDA 4 dan Bidan Pemeliharaan Syamsudin, menyatakan, "Pada tahapan tersebut, pemerintah pusat melalui BWS, sekarang lagi fokus dalam menghadapi penangan bencana. Apa lagi dua tahun terakhir ini itensitas hujan tinggi mengakibatkan infrastrustruktur banyak yang rusak".Katanya


Diakuinya, "Di pulau sumbawa misalnya, banyak titik lokasi berdasrkan surat permohonan pemerintahan kelurahan dan Desa melalui pemerintah daerah yang masuk ke kami. Dan kami akan menindak lanjut surat tersebut ke BWS Pusat. Nanti disanalah penentunya, karena kita BWS di Daerah sifatnya hanya mengawasi.


Tahun 2021 akhir yang lalu banyak surat masuk dari pemeintah Kota Bima ke ranting BWS Bima Dompu, Seperti Tanggul banyak memang jebol, banyak sawah dan rumah mau dibawah banjir. Dan itu semua kita usahakan untuk usul dan usulan kami ketika di acc oleh BWS pusat yang mengerjakan nanti pihak lain. Kita sifatnya hanya pengawas saja. Akuinya


Ia menjelaskan, "Di Bima misalnya, tugas kita hanya itu  menerima laporan dan mengusulkan, mudah - mudahan tahun ini dialokasikan oleh pusat. 


Setelah itu ketika beberapa aitem di acc baru kami lakukan pengecekan kembali lokasi mana saja di setujui oleh kantor pusat. 


Seperti di kota bima memang ada beberapa titik lokasi bencana, ISD (Sungai), seperti di kelurahan Dodu, dua titik Kendo, Oimbo dan Sambinae. Jati baru dan Jatiwangi, paruga serta Kumbe. Termasuk Penatoi.


Diakuinya, memang tupoksi ini kami hanya memelihara infrastruktur, seperti bendungan Parado, sumi, dan tiap tahunnya ada perawatan bendungan tersebut dan sekarang kami lagi menunggu dana DUIS untuk dilakukan pekerjaan. 


Soal Bendungan parado, setelah dana dan DUIS tersebut nanti dijelaskan dan nampak dilokasi pekerjaan. Ada papan nama pekerjaan, dan nama perusahaan pekerjaan jelas ada dilokasi bendungan. Jelasnya. (TIM)