Tempat Uji KIR Menjadi Faforit Baru Meningkatkan PAD Pemkot Bima

Iklan Semua Halaman

.

Tempat Uji KIR Menjadi Faforit Baru Meningkatkan PAD Pemkot Bima

Senin, 04 Oktober 2021

Drs.Isfahmi,M.Ap,
Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bima.

Kota Bima, Fajara Media Bima.com,- Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pehubungan (Dishub) akan ada uji KIR di Kota Bima. Bagi pemilik kendaraan roda empat dan roda enam, sudah tidak perlu lagi melakukan Uji KIR jauh-jauh di Daerah lain. Dishub telah menyediakan tempat uji KIR yang berlokasi di Kelurahan Sambinae.


Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bima, Drs, Isfahmi,M.Ap menjelaskan, Pemerintah Kota Bima sudah punya aset berupa 6 alat  Uji KIR. Alat tersebut adalah dulunya aset Provinsi NTB dan sudah 25 tahun tidak dipakai. Setelah aset Pemprov NTB tersebut telah menyerahkan ke Pemerintah kota bima, akhirnya alat tersebut diperbaiki. Dan akan beroperasi pekan depan. "6 alat uji KIR dimaksud yakni, alat uji Rem, alat uji Emisi, dan uji berat lainnya".


Uji KIR diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Pasal 53 ayat (1) UU LLAJ menyebutkan, uji berkala wajib dilakukan untuk mobil penumpang umum, bus, barang yang dioperasikan di jalan. Jelas Fahmi


 Terkait dengan alat Uji KIR ini pihaknya sudah melaporkan ke Dirjen perhubungan Darat yang ada di Denpasar Bali. Dan laporan itu, kapan kesiapan pihak dirjen datang mengecek kondisi, kesiapan dan keberadaan (Kaligrasi) alat di Kota Bima. "Insyaallah kalau tidak ada halangan Minggu depan mereka akan hadir,".


Setelah dilakukan pengecekan, Uji coba dan lainnya baru pihak Dirjen mengeluarkan akreditasi C. Setelah mendapat Akrediatsi dari dirjen perhubungan baru uji KIR bisa dilaksanakan. "Jika alat uji KIR sudah mulai beroperasi akan bisa menghasilkan PAD,".Ujarnya Senen (04/10/2021).


Sambung dia, Uji KIR selama ini dilakukan di Dompu dan dishub Kota Bima hanya mengeluarkan rekomendasi. Dan uji KIR nanti tarifnya per aitem sudah di atur dalam perda sekitar 30 atau 40 ribu rupiah".


Selama ini  kita lihat data mobil yang melakukan uji KIR di daerah lain selama tahun 2019-2020 sangat banyak hampir ribuan mobil. Ini merupakan angka yang luar biasa.


Jadi Perbaikan Uji KIR Ini merupakan langkah yang tepat yang dilakukan oleh Wali kota Bima dalam meningkatkan sektor PAD," pungkasnya.Tutupnya (TIM)