Usai Ujian Fisik, Pesilat Putra Bima Bersihkan Sampah di Pantai Lawata

Iklan Semua Halaman

.

Usai Ujian Fisik, Pesilat Putra Bima Bersihkan Sampah di Pantai Lawata

Minggu, 22 Desember 2019

(Sampah jenis plastik lebih banyak di
 jumpai di sepanjang Pantai Lawata)
Kota Bima, Fajar Media Bima.Com,- Kota Bima, banyaknya sampah yang di buang secara sembarangan oleh warga pengunjung Pantai Lawata Kota Bima,  membuat prihatin bagi para pesilat asal Perguruan Silat Putra Bima Indonesia (PS-PBI) melakukan bakti sosial untuk membersihkan sampah yang berserakan di seputaran Pantai Lawata Minggu (22/12/2019) pagi. Belum lagi Uma Lengge (Lapak) yang di peruntukan bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) pada Sabtu (21/12/2019) sekitar siang menjelang sore ambruk akibat dihantam angin Puting Beliung.

Sehingga ratusan pesilat yang menggunakan seragam khasnya Biru Dongker Lis Hitam ini, selain membersihkan sampah yang berserakan, juga melakukan gotong royong untuk perbaikan lapak yang sudah roboh.

(Pose bersama pesilat Putra Bima di
depan lapak yang ambruk di Lawata.)
Ketua Panitia Pelaksana, Much. Fahri, S.Kep pada wartawan ini, Minggu pagi usai melakukan bakti sosial tersebut, mengatakan sekitar 250 pesilat ini sedang melakukan ujian fisik yakni jenis ujian nyali dan perendaman.

Untuk ujian nyali, pihaknya menggelar di Kampus Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Mataram Program Studi (Prodi) D-IV Keperawatan Bima Sabtu (20/12/2019) mulai pukul 19.30 – 23.30 wita, sedangkan ujian perendaman air laut, panitia memilih Pantai Lawata.

Nah, begitu kami tiba di Pantai Lawata Minggu (22/12/2019) pukul 00.30 dini hari, kanget melihat sebagai besar lapak yang berdiri di Pantai Lawata  ini ambruk akibat bencana puting beliung pada Sabtu kemarin.

Jam menujukkan pukul 01.00 wita, pihaknya menggelar ujian perendaman pada calon anggota (Sabuk Putih) dan anggota pemula (Sabuk Kuning) selama empat jam, sehingga para pesilat keluar dari air laut pada pukul 05.00 pagi dan dilanjutkan dengan istrahat dan pada pukul 07.30 pagi seluruh pesilat yang ikut ujian maupun panitia pelaksana menggelar bakti sosial dan gotong royong.

“Kami pesilat Putra Bima ikut prihati atas musibah yang menimpah para PKL, sehingga lapaknya rata dengan tanah, begitupun dengan sampah yang berserakan disepanjang pantai akibat ulah oknum pengunjung yang tidak sadar akan buang sampah pada tempatnya dan parahnya lagi. Selama kami melakukan bakti sosial, banyak menemukan sampah jenis plastik, ketibang sampah lainnya,” ujar Pendekar Muda ini.

Alumni Poltekkes Prodi D-IV Keperawatan Bima Tahun 2019 ini, mengajak para pengunjung yang mengunjungi daerah pariwisata di Lawata pada khususnya. Untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, akan tetapi menempatkan sampah tersebut pada tempat yang disediakan.

Much. Fahri juga menyampaikan terima kasih pada para pesilat Putra Bima Cabang Rasanae Timur (Base Camp SMPN 3 Kota Bima), Cabang Mpunda (Base Camp SMKN 3 Kota Bima), Cabang Rasanae Barat (Base Camp SMKN 1 Kota Bima), Cabang Asakota (Base Camp SMKN 4 Kota Bima), Ranting SMPN 6 Kota Bima, Ranting MAN 2 Kota Bima, Ranting Ponpes Al Khitam – Ntobo dan Cabang Palibelo (Base Camp SMAN 1 Palibelo Kabupaten Bima) yang telah berpartisipasi melakukan bakti sosial pembersihan pantai Lawata, sehingga dalam waktu 1 jam pantai Lawata di sapu bersih.

Atas nama panitia juga menyampaikan terima kasih pada Dewan Penasehat H. Muhammad Lutfi, SE dan Ketua Umum Nazamuddin yang mendukung kegiatan ini, sehingga ujian fisik ini dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan, tutupnya. (F.02)