Antisipasi Rabies, Pemkab Adakan Vaksin dan Penyuluhan

Iklan Semua Halaman

.

Antisipasi Rabies, Pemkab Adakan Vaksin dan Penyuluhan

Selasa, 03 Desember 2019
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.com;- Antisipasi merebaknya virus Rabies dari penyakit anjing gila, Pemkab Bima melakukan Penyuluhan dan vaksin ke Kecamatan-kecamatan se Kab Bima, terutama di Kecamatan Wawo dan Bolo.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten Bima, Selasa (03/12) di Ruang Kerja Asisten II Setda Bima, Ir. H Nurdin. Rapat dipimpin Asisten II, dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Kadis Peternakan, dan sejumlah Kabag di Lingkup Setda Bima.

Kabag Humas Setda Bima,  M Chandra Kusuma, Ap, menyatakan penyakit anjing gila terjadi hampir merata di seluruh Kecamatan di Kabupaten Bima. Namun sebelumnya, tim gabungan Pemerintah telah mengambil sampel sebanyak 80 ekor anjing. Yang positif  mengidap penyakit berbahaya tersebut sebanyak 30 ekor.

‘’Hingga kini belum ada korban meninggal. Karena cepat diantisipasi. Untuk dimasing-masing Puskesmas telah disediakan Dokter dan tenaga vaksin dari Dinas Peternakan dan Dikes dibantu Bagian Kesra,’’ imbuhnya. Diakuinya, untuk wilayah Kabupaten Bima yang tertinggi di Kecamatan Sanggar, karena adanya migrasi anjing gila dari wilayah Dompu. Namun kita tetap antisipasi dengan melakukan vaksin dan penyuluhan terhadap masyarakat.

‘’Mulai besok kita akan turun ke Kecamatan Wawo dan Bolo. Karena di Wawo ada tujuh orang korban dan di Bolo ada tiga orang korban,’’kata Chandra. (F.05)