Bupati Bima, Seorang Kasek Harus Jalankan Tupoksi Secara Profesional

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Bima, Seorang Kasek Harus Jalankan Tupoksi Secara Profesional

Selasa, 04 Desember 2018
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.Com,- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE pada saat memberikan pembinaan tentang Tugas pokok dan Fungsinya secara professional dan peningkatan Disiplin Aparatur Jajaran Dikbudpora Kabupaten Selasa (4/12/2018) di aula SMKN 3 Kota Bima.

 Dihadapan Wakil Bupati, Kepala BKD dan Diklat, Kepala Dinas Dikbudpora  Beserta Jajarannya, Para Pejabat Eselon III dan IV Dinas Dikbudpora Kabupaten, Kepala UPT. Dinas Dikbudpora Kecamatan, Pengawas TK / SD Kecamatan, Para Kepala Sekolah dan Guru Se – Kabupaten Bima.  (Bupati – red) mengatakan,  Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat terkait erat dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tanpa mengabaikan faktor-faktor lainnya seperti sarana dan prasarana serta pembiayaan.

Kepala sekolah (Kasek) merupakan salah satu Pendidik dan Tenaga Kependidikn  yang posisinya memegang peran sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah.

Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolah. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaganya, maka kepala sekolah harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah di tentukan. Kepala sekolah harus mampu melihat adanya perubahan terhadap regulasi pendidikan dan kehidupan globalisasi.

Kepemimpinan kepala sekolah sangat menunjang akan tercapainya pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien. Untuk menciptakan sekolah yang efektif dan efisien, kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di tingkatan sekolah dan ujung tombak utama dalam mengelola pendidikan diharapkan mampu memegang tugas dan bertanggung jawab memegang peran aktif dalam memajukan sekolah / lembaga pendidikan.

Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan bahwa tahun 2018 ini merupakan tahun politik, dimana seluruh warga Negara Indonesia tanpa terkecuali jajaran dunia pendidikan, akan melaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Anggota Legislatif dan Pemilihan Kepala Desa, Maka dari itu selaku kepala daerah saya mengharapkan kepada seluruh kepala sekolah dan jajaran Dunia Pendidikan lainnya agar jangan masuk kedalam tim sukses Pilkades, hal ini dikarenakan apabila nantinya ditemukan seorang kepala sekolah masuk kedalam salah satu tim sukses maka akan mengancam jabatan yang diemban, karena saya bersama wakil Bupati Bimaakan mengambil tindak keras terhadap kepala sekolah yang melanggar.

Oleh karena itu jalanilah tugas pokok dan fungsiya dalam rangka membangun sekolah yang dipimpin kearah yang lebih baik terutama peningkatan mutu pendidikan sekaligus dalam rangka menciptakan generasi yang berkualitas.
 Begitupula terkait dengan tugas seorang Unit Penunjang Dinas, dimana selain sebagai Pengawasan Pelaksanaan Pendidikan serta melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Program Pendidikan.

UPT juga harus sering turun kelapangan dalam rangka mengecek keberadaan sekolah – sekolah, dimana apabila ditemukan sekolah yang rusak maka UPT dapat melaporkan kepada  Dinas Pendidikan sehingga dari laporan yang diberikan tersebut, maka Dinas memberikan bantuan perbaikan sarana dan prasarana pembangunan demi terwujudnya peningkatan dunia pendidikan. Ujarnya.

Bupati Bima berharap, semoga dengan adanya pembinaan seperti ini kedepanya para Kepala Sekolah, Guru, Pengawas yang tergabung dalam dunia pendidikan dapat memberikan pelayanan mutu pendidikan bagi para siswa / siswi maupun generasi yang mengenyam dunia pendidikan demi kebutuhan mereka kelak.

Menurut Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima H.Makruf, SE dalam pengantar, bahwa jumlah peserta yang mengikuti pembinaan ini berjumlah 300 orang pendidik terdiri dari pejabat eselon III dan IV pada Dikbudpora sebanyak 20 Orang, Pegawai lingkup Dinas Dikbudpora sebanyak 94 orang, Kepala UPT.

Dikbudpora kecamatan Se – Kabupaten Bima sebanyak 18 orang, Pengawa TK / Sd sebanyak 18 orang serta Kepala SMP Se – Kabupaten Bima sebanyak 150 orang.
 Dengan adanya pembinaan ini dalam rangka menghimbau kepada kepala sekolah dan guru sebagai pendidik yang dituntut untuk lebih  fokus meningkatkan mutu peserta didik dan sekolah, juga menekankan pada peranannya sebagai pemimpin yakni mendefinisikan visi-misi, dan tujuan sekolah yang mampu memenuhi tuntutan atau kebutuhan masyarakat, serta mengembangkan strategi–strategi yang tepat untuk mencapai visi dan tujuan sekolah tersebut.(F1.H)