Penguatan (SIBISA) Diskominfo dan Statistik Kab. Bima Laksanakan Sosialisasi dan Bimtek

Iklan Semua Halaman

.

Penguatan (SIBISA) Diskominfo dan Statistik Kab. Bima Laksanakan Sosialisasi dan Bimtek

Kamis, 06 April 2023

Kamarudin, S. Sos, 
Kadis Kominfo dan Statistik Kab. Bima. 



Kabupaten Bima, Fajar Media. Com, -Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima melalui Bidang Statistik dan Persandian melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka penguatan kapasitas, pengembangan serta pemanfaatan Sistem Informasi Bima Satu Data (SIBISA).


Kegiatan dengan tema Peningkatan Mutu Statistik Daerah yang Terintegrasi diikuti oleh Operator Data Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima berlangsung di Ruang Pertemuan Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima, Kamis (06/04/2023).


Ket : Poce Saat Kegiatan Berlangsung. 


“SIBISA sejak launching Desember 2021 walau belum maksimal, telah menunjukkan progress dan peningkatan yang cukup signifikan. Diantaranya, SIBISA sudah terintegrasi dengan NTB Satu Data, “ Jelas Arief Rahman, SH.,MH selaku Kepala Bidang Statistik dan Persandian mengawali rangkaian kegiatan pembukaan.


Dijelaskannya, SIBISA memastikan data yang terintegrasi adalah data yang akurat dan mutakhir, sehingga data yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan, dan dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan. Untuk itu, lanjutnya, Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima selaku wali data berkewajiban mengumpulkan dan menghimpun data, terutama data sektoral pada perangkat daerah.


Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima, Kamaruddin, S.Sos dalam sambutannya memaparkan pentingnya penyediaan data yang akurat, mutakhir dan terintegrasi. 


Menurutnya, SIBISA hadir dalam rangka mewujudkan tranparansi dan akuntabilitas Pemerintah Kabupaten Bima sehingga data dapat mendukung penuh pembangunan daerah. 


“Ketersediaan data yang akurat, mutakhir, mudah diakses, dapat dipertanggungjawabkan, terintegrasi serta dapat dibagi-pakaikan menjadi penting perannya dalam perumusan kebijakan arah pembangunan daerah, “ jelasnya. (Red)