*SINTERKLAAS TURUN DARI LANGIT TIMIKA*

Iklan Semua Halaman

.

*SINTERKLAAS TURUN DARI LANGIT TIMIKA*

Kamis, 28 November 2019
Mimika Fajar Media Bima.com,- (Puspen TNI). Fajar menyingsing di ufuk timur Timika, Papua, diiringi gemuruh suara dua pesawat C-130 Hercules TNI AU. Puluhan payung mengembang di angkasa, menerjunkan prajurit-prajurit BKO Kodam XVII/Cendrawasih di Bandara Mozes Kilangin, Timika, Jumat, 29 November 2019.

Kepada awak media di Timika, Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menjelaskan bahwa penerjunan tersebut adalah bagian dari Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) yang digelar di wilayah Kogabwilhan III.

Selanjutnya Panglima TNI menyampaikan  bahwa LKO adalah salah satu jenis latihan yang diselenggarakan secara rutin oleh semua Kotamaops TNI di wilayah NKRI. Beberapa waktu lalu, misalnya LKO juga digelar di Selaru, Morotai, dan di beberapa wilayah Kotamaops.

Tujuan LKO adalah untuk menguji Rencana Operasi (RO) Kotamaops TNI dalam rangka menghadapi kontinjensi di wilayah masing-masing, lanjut Panglima TNI.

LKO di wilayah Papua dimaksudkan untuk menguji RO Kotamaops jajaran Kogabwilhan III, yang meliputi Kodam XVII/Cendrawasih, Kodam XVIII/Kasuari, Koarmada III dan Koopsau III. LKO di Papua juga dimaksudkan untuk menguji efektivitas Komando Pengendalian Operasi Kogabwilhan III yang baru dibentuk berdasarkan Perpres 66 Tahun 2019. RO yang diuji meliputi RO Bantuan TNI kepada Polri dalam penanganan konflik sosial dan RO pengamanan obyek vital nasional (Obvitnas). Secara taktis militer, Penerjunan di Timika merupakan bentuk inflitrasi udara.

Para penerjun disambut antusias oleh masyarakat Timika yang berbondong-bondong menuju droping zone. Saat mendekati droping zone, mereka dikejutkan okeh munculnya beberapa (Sinterklaas)

Diantara para prajurit yang baru mendarat dari langit. Para Sinterklaas membawa karung-karung bingkisan Natal yang siap dibagikan kepada masyarakat. Suasana bahagia dan keakraban menyelimuti Bandara Mozes Kilangin. Masyarakatpun berbaur dengan para prajurit, cermin kemanunggalan TNI-Rakyat.(F.95)