*Sekolah Bersejarah, Berumur 1 Abad Butuh Perhatian Pemerintan*

Iklan Semua Halaman

.

*Sekolah Bersejarah, Berumur 1 Abad Butuh Perhatian Pemerintan*

Minggu, 31 Maret 2019
(Kondisi Plafon Sekolah SDN 1 Rite)
Ambalawi - Fajar Media Bima.Com, SDN 1 Rite yang berdomisili Dusun Sonco Lumba Desa Rite Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, saat ini membutuhkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima selaku dinas terkait.

Pasalnya, saat kunjungan wartawan ini Senin (01/04/2019) disekolah setempat terlihat plafon sekolah dibeberapa ruangan rusak berat yang di akibatkan dimakan usia maupun bocor karena atapnya jebol. Hal itu terbukti di enam kelas belajar plafonnya rusak berat dan ditambah 1 ruangan Kantor juga plafonnya rusak berat.

(Tanpak Depan SDN 1 Rite)
Plt Kepala SDN 1 Rite, Alimudin, S.Pd.I, membenarkan sekolah ini merupakan bangunan bersejarah. Pasalnya, sekolah ini dibangun sebelum Republik Indonesia ini berdiri maupun belum merdeka tepatnya dibangun pada Tahun 1918 silam.

"Seingat saya sekolah ini baru di rehab Tahun 2012 dan sebelumnya pernah di Tahun 1983 - 1987 silam, 2004 dan Tahun 2009. Pada prinsipnya plafon yang rusak tersebut dikerjakan pada anggaran bangunan baru Tahun 2009 lalu," ujar guru Mata Pelajaran (Mapel) Agama Islam.
Terkait plafon yang rusak ini, pihaknya sering ajukan proposal permohonan rehab sejak Tahun 2015 hingga 2018 kemarin.

"Selain plafon yang rusak berat, juga tembok bangunan hampir diseluruh kelas banyak retak berat akibat gempa bumi Tahun 2010, yang mana bangunan baru bangun 2009 dan satu tahun kemudian dihantam gempa bumi yang melanda Bima pada umumnya. Akibatnya, satu ruang kelas 1 dan satu lokal MCK (WC) yang diperuntukkan bagi siswa yang dibangun secara swadaya Tahun 1990-an sudah ambruk dan tidak bisa digunakan lagi," tambahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun pihaknya, bahwa sekolah bersejarah ini masuk Tahun Anggaran 2019 untuk direhab baru. "Mudah-mudahan informasi yang didapatkannya itu, benar adanya agar sekolah bersejarah ini direhab. Mengingat kegiatan belajar mengajar sedikitnya terganggu terhitung Tahun 2016 lalu, akibat kerusahkan plafon itu," harapnya. (F.2)
n