Direktur H. Awan, Pimpin Penarikan Mahasiswa KKN Terpadu di Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Direktur H. Awan, Pimpin Penarikan Mahasiswa KKN Terpadu di Dompu

Jumat, 01 Februari 2019
(Sekretaris Dikes Dompu Maman didamping
 Direktur Poltekkes Mataram
H. Awan Dramawan sedang memberikan sambutan)
Dompu, Fajar Media Bima.Com - Lain hal yang dilakukan Wakil Direktur I Poltekkes Kemekes Mataram, H. Jubair, SKM, M.Kes pada Juma'at (01/02/2019) pagi menggelar penarikan 102 orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) di Bima (Kota dan Kabupaten Bima) di Kampus C D-IV Keperawatan Bima. Sementara dihari yang sama Direktur Umum Poltekkes Mataram H. Awan Darmawan, S.Pd, M.Kes melakukan penarikan mahasiswa di Kabupaten Dompu, tepatnya dihalaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu.
Dalam sambutan singkatnya, Direktur H. Awan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Dompu, melalui Dinas Kesehatan dan lebih khusus puskesmas-puskesmas sebagai tempat posko KKN.

(Mahasiswa KKN-T di Dompu yang
penarikannya dilakukan di
kantor Dikes Dompu)
"Mahasiswa ini tentu mendapatkan pengalaman langsung dilapangan, pasalnya mereka (Mahasiswa) langsung beradaptasi dengan masyarakat secara langsung. Tentu saja ilmu yang didapatkan selama dilapangan ini, menjadi bekal mereka setelah menyandang gelar D-III atau D-IV kesehatan (Perawat, Bidang, Gizi dan Analis) nantinya," ujarnya.

Sementara itu,  sambutan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM, M.Kes mahasiswa sejumlah 56 orang yang berlokasi di Puskesmas Dompu Kota, Dompu Barat, Dompu Timur, Ranggo dan Soriutu. Dirinya, menggucapan terima kasih atas kerja nyata mahasiswa selama KKN yang dirasakan banyak manfaat bagi masyarakat sekaligus sebagai ajang belajar nyata langsung di lapangan di tengah-tengah masyarakat. "Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mataram ini dapat melaksanakan program kerja nyatanya dengan baik, bekerja sama dengan petugas kesehatan puskesmas, dan berbaur dengan masyarakat," katanya.

Berbagai program yang dilaksanakan seperti penyuluhan dan konseling tentang masalah kesehatan (gizi, kebidanan, keperawatan, dan analis kesehatan), demontrasi pengolahan pangan lokal untuk anak balita sunting, pemeriksaan Hb, gula darah, tekanan darah, pemeriksaan kehamilan, senam lanjut usia, penyuluhan tentang gizi seimbang dan PHBS pada anak sekolah dasar, kunjungan rumah ke keluarga balita stunting, dan berbagai program unggulan yg dikerjakan secara kolaborasi berdasarkan disiplin ilmu masing-masing untuk memberikan pelayanan masalah kesehatan secara berkualitas dapat dilaksanakan dengan baik, lanjut Maman.
Sekretaris dikes itu, berharap di tahun-tahun berikutnya Dompu dapat dijadikan lahan dan tempat KKN lagi oleh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mataram ini, pintahnya. (F.02)