Petugas Samsat Kota Bima Datangi Rumah Warga Nunggak Pajak, dan Layangkan Surat Teguran

Iklan Semua Halaman

.

Petugas Samsat Kota Bima Datangi Rumah Warga Nunggak Pajak, dan Layangkan Surat Teguran

Selasa, 15 Maret 2022


Awak Media saat konfirmasi petugas Samsat terkait dengan surat Teguran Nunggak Pajak Kendaraan


Kota Bima, Fajar Media Bima.com,- Petugas Samsat Kota Bima datangi rumah warga yang nunggak pajak kendaraan. Kedatangan petugas tersebut dalam rangkan menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SP2T), dan Surat Teguran (ST).

Suhardin warga rabadompu barat menyatakan pada sejumlah media, "Dirinya kaget saat didatangi oleh petugas samsat Kota Bima karena motor miliknya sudah lama nunggak pajak". 


 "Aneh aja pelaksanaan ini Baru pernah ada, harapan saya pihak Samsat Kota Bima, lebih awal bersurat, dan juga rutin melaksanakan Sosilisai tentang penagihan pajak tunggakan R2 dan R4 ke Rumah Rumah," tutur pria yang akrab disapa Fater  Selasa (15/03/2022).


Ditempat terpisah, Menindaklanjuti hal itu, Kasi Pendataan dan Penetapan Samsat Kota Bima, Ikhwan S.Sos, kepada media menjelaskan, "Sesuai dengan Perda No 9 Tahun 2017 tentang pajak Daerah Nomor 11 tahun 2011. Tentang pajak daerah. Maka diharapkan segera diselesaikan dalam jangka 21 hari sejak diterimanya surat Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SP2T), dan Surat Teguran (ST)".


Dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), "Samsat kota bima, terutama pajak kendaraan, salah satunya dengan cara  melayangkan surat teguran dan mendatangi rumah warga", Regulasinya : Sehubungan data terdebut belum memenuhi kewajiban pajak kendaraan dan terhitung masa berlaku kendaraan nunggak pajak terakhir. Dan dimasukkan dengan jumlah tagihan diatas, beluk termasuk biaya PNBBP dari kepolisian". Kata ikhwan


Disampaikannya pula, "Bagi warga yang nunggak pajak, sudah pasti akan terima surat pemberitahuan dari Samsat Kota Bima. Salah satunya warga Kelurahan Rabadompu Barat Kecamatan Raba saudara (Suhardin Red) pagi ini petugas kami mendatangi rumahnya dengan menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SP2T), dan Surat Teguran (ST)".

.

Kegiatan ini kami petugas samsat kota bima, telah meluangkan surat teguran atau pemberitahuan ini sudah lama dilakukan. "Karena ini merupakan Salah satu bagian dari tugas Samsat dalam rangka menggenjot Sektor Perpajakan dengan melakukan Door to Door ke Pemilik R2 dan R4, Kami akan melangkah surat bagi warga yang nunggak pajak kendaraan," terangnya.


Dirinya menambhakan, teguran atau pemberitahuan itu dilakukan agar bisa Mendorong masyarakat memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak kendaraan setiap tahunnya. Jelasnya. (TIM)