Pendidikan Keluarga Sangat Dibutuhkan dan Harus Dapat Mulai Dari Lingkungan Keluarga

Iklan Semua Halaman

.

Pendidikan Keluarga Sangat Dibutuhkan dan Harus Dapat Mulai Dari Lingkungan Keluarga

Senin, 10 Desember 2018
Kota Bima, Fajar Media Bima.Com,- Kepala Dinas diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima, buka Acara Sosialisasi Pendidikan Keluarga. Acara tersebut langsung di Sekolah Taman Kanak-kanak Nergeri (TKN) I (satu) Kota Bima, Senin (10/12), dalam acara sosialisasi dan acara tersebut diawali dengan do’a yang dipimpin oleh Ustaz Rustam, S.Pdi, juga selaku Ketua Himpaudi Kota Bima.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima, H. Yamin, Msi dalam sambutannya menyampaikan, terkait dengan sosialisasi pendidikan keluarga itu sangat penting dilakukan dirumah maupun disekolah, kemudian peran orang tua dalam keluarga untuk menyikapi masalah pendidikan keluarga itu sangat peting dan harus siap terlebih dahulu untuk menumbuk tumbuh kembangnya seorang anak, dengan tujuanya untuk membentuk karakter anak sejak dini sebelum anak dimasukan ke sekolah.

 “Peran orang tua dalam lingkungan keluarga itu sangat penting, “karena membentuk karakter pada anak sejak usia dini adalah sebagai penentu  untuk modal dasar dalam menyikapi tumbuh kembang seorang anak dan itu harus dapat dimulai dari rumah oleh orang tua dalam pendidikan berkeluarga", terang dia.

“Selanjutnya tugas guru disekolah tinggal mengarahkan saja pada anak tersebut apa yang mereka dapat melalui pendidikan kelurga dalam hubungan interaksinya dalam kekeluargaan, karena sesungguhnya anak itu sudah memiliki karakter yang baik sejak dari rumah masing-masing melalui pendidikan keluarga terhadap anak yang dilakukan ditengah-tengah keluarganya, itu adalah sebuah fungsi pentingnya orang tua dalam membentuk karakter anak pada sebuah keluarga, “kilahnya.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana (Kasi Sarpras) Gufran, S.Pd Msi dalam penyampaian materinya memaparkan, Usia 0 – 6 adalah usia emas pada anak, dan usia ini tidak boleh dirampas oleh Sekolah Dasar (SD) karena usia ini adalah usia Paud dan TK tidak boleh didata atau diterima oleh SD ketika si anak dan orang tuanya datang mendaftarkan anaknya pada sebuah sekolah dasar, yang harus dipahami karena usia ini adalah usia bermain dan tidak boleh dipaksakan untuk belajar, “terang dia.

Terkait dengan Kemitraan orang tua dengan sekolah, disini sangat penting adanya keterlibatan orang tua dalam mendidik karakter anak, “kerjasama tersebut sangat penting dalam menyukseskan pendidikan bagi anak pada usia sejak dini, “partisipasi orang tua sangat diperlukan oleh sebuah pendidikan, fungsi orang tua pada sebuah pendidikan adalah merupakan sebuah motifasi tersendiri bagi anaknya, dorongan serta dukungan dari orang tua itu adalah langkah dasar untuk dapat suksesnya sebuah harapan dini terhadap tumbuh kembang anak pada usia dini, “ucap Gufran.(TIM)